Prajurit Yonmarhanlan II Bantu Buat Saluran Irigasi Rumah Warga Korban Bencana Alam

Tanah Datar, PW: TNI AL, Pasmar 1. Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) II Padang bersama warga sekitar bantu membuatkan saluran irigas dirumah salah satu warga dan melaksanakan pembersihan rumah yang roboh akibat bencana alam banjir bandang dan lahar dingin dari gunung merapi yang terjadi di Kab. Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, Selasa (28/05/2024).

Para prajurit Marinir yang diberikan tanggung jawab oleh Dansatgas gulben dalam penanggulangan bencana ini membantu warga membuat saluran irigasi dirumah salah satu warga yang tertimbun lumpur akibat banjir bandang. Dengan memanfaatkan peralatan yang ada, kegiatan sosial dalam membantu masyarakat ini dapat dilaksanakan dengan bertahap sehingga rumah warga didaerah Nagari Manunggal, Kec. Lima Kaum, Kab. Tanah Datar layak untuk dihuni.

Melihat lingkungan yang kurang sehat akibat masih banyaknya material kayu rumah yang hancur akibat derasnya terjangan banjir bandang dan lahar dingin, maka prajurit Yonmarhanlan II Padang membersihkan setiap material yang membahayakan seperti kayu, paku dan seng bagian rumah yang sudah tidak layak untuk digunakan lagi. Pembersihan lumpur yang masih terlihat menumpuk dan berserakan masih terus dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat seperti sedia kala.

Di lokasi yang berbeda, Danyonmarhanlan II Padang Mayor Marinir Deny Aprianto Putro, M.Tr.Opsla., melaksanakan peninjauan lokasi posko penampungan untuk mengetahui perkembangan situasi dalam kegiatan penerimaan bantuan hingga pendistribusian bantuan kepada para korban bencana alam di Kab. Tanah Datar, serta melihat kesiapan para tim medis dalam menyiapkan perlengkapan medis dan obat-obatan.

Related posts